Game Level 9 Hari XV Kreatifitas
Kamis, 16 Nopember 2017

Sejak subuh aktivitas kami sangat padat. Bikin laporan tantangannya baru bisa jam sembilan malam. Sembari tik tik tik tok merem melek penglihatannya. hehe..

Hari ini kreatifitas dapur lagi. Bagaimana cara saya menyimpan cabe, ketumbar, jinten, merica. Belum pernah searching cara memyimpan bumbu-bumbu ini. Mengandalkan kebiasaan yang gampang saja. Setelah membeli bumbu, khususnya cabe dan tomat tentu langsung dicuci. Setelah itu, ditiriskan dan disimpan di kulkas dalam wadah kotak nasi atau kotak kue berbahan kertas. Pernah tersimpan hingga 6 bulan. Apalagi pas musim cabe, belinya langsung banyak.

Saat perlu, cabe kering direbus dulu atau kalau punya cabe kering yang banyak, saya haluskan dengan blender kering dan menyimpannya di toples. Gampang aja cara memakainya. Tinggal taburi bubuk cabenya ke dalam masakan yang diinginkan. Jadi deh..

Begitu juga dengan merica, ketumbar dan jinten. Kalau tidak sempat menjemur dulu, setelah diblender, saya simpan di toples dan langsung taruh di kulkas. Bisa awet lama. Tapi kalau disimpan di luar kulkas, gak bertahan terlalu lama. Cepet jamuran karena lembab. Beda lagi kalau dijemur dulu sebelum diblender. Tetap awet walau disimpan di luar kulkas.

Siang tadi, acara blender bumbu dibantuin para bocil. Haha.. blepotan sana sini lagi. Zed merem merem kena cabe. Setelah blender blender bumbu, lanjut aktivitas yang panjang.. Tidak bisa diceritakan lagi karena mata ini tak bisa diajak kompromi.

Demikian dulu tantangan hari ini. Sampai jumpa besok.


#Tantangan10Hari
#Level9
#KuliahBunSayIIP
#ThinkCreative