Game Level 10 Hari XVII Membangun Karakter Anak dengan Mendongeng

Sabtu, 17 Desember 2017

Sabtu adalah hari persiapan weekend bagi para pekerja dan pelajar. Jalan primer biasanya dipenuhi pengendara yang akan mudik. Apalagi Sabtu ini sudah masuk hari libur sekolah di daerah saya. Dan acara kulak pun menghabiskan waktu yang lama di perjalanan. Setelah itu pun, ada beberapa agenda keluarga yang harus diikuti sehingga acara menulis diblog jadi tertunda.

Di sela kesibukan kami, mendongeng menjadi kegiatan yang mengasikkan. Tak terbatas waktu dan tempat pelaksanaan. Dimana dan kapanpun bisa. Demikian juga dengan hari ini. Mendongengnya di dalam mobil. Apalagi ada paksu yang menjadi supirnya.

Dongeng hari ini melanjutkan kisah yang kemarin

"Katak Pengintai Dua"

Dikisahkan bahwa katak kelima mengemban tugas untuk mengadakan pengamatan di luar kolam katak. Tujuannya untuk menemukan tempat hijrah bagi katak-katak yang lain.

Katak 5 pun segera berenang dengan lincahnya hingga tiba di anak tangga kolam. Hap hap hap hap katak meloncat dengan hati-hati. Tiba di atas kolam, matanya langsung menyapu sekeliling.

"Ngiinng.. drep drep" katak mencari arah suara sambil bergumam, "suara apa ya?"
Ia pun mencari sumber suara. Baru melompat delapan lompatan, tiba-tiba...
Breeem... katak segera menghentikan lompatan. Sebuah benda hampir menginjaknya. Ia pun memperhatikan benda apa yang baru saja menghampirinya. Sangat besar, mengeluarkan bunyi dan menyebabkan badai debu. Oh.. mataku.. mataku perih. Teriak katak 5. Ia segera memberi tanda ke arah kolam. Di tangga teratas, ada katak lain yang menunggu tanda dari katak 5. Katak itupun berteriak pada katak di tangga bawahnya.. Begitu seterusnya. Kemudian seekor katak menghampiri katak 5. Mereka berdua melanjutkan misi. Dengan hati-hati mereka lompat dan tiba di sebuah tempat yang sangat bising. Klotek klotek, ting ting, dreb sriing.. rupanya itu suara alat bengkel. Ada kunci, obeng, bor dan alat lainnya. Tak berani terlalu dekat, mereka pun lompat ke tempat berikutnya.

"Hmm.. tempat apa ini?" Kelihatannya bersih dan sejuk. Haruum... Dua ekor katak mengendap menuju kaki meja. Mereka pun memperhatikan sekelilingnya. Ada lemari, kursi, meja dan dua orang perempuan cantik sedang duduk dengan sangat anggun. Mata mereka teetuju pada sebuah benda yang mengeluarkan hawa segar dan harum
Katak 5: Benda apa ya itu?
Katak 6: Aku tak tau kawan. Keren ya..
Katak 5: Mari kita cari tahu..
Katak pun lompat ke sekeliling ruangan. Ia mendengarkan percakapan dua orang perempuan. Dari percakapan itu, katak mengetahui kalau benda itu bernama AC. Dan ruangan itu disebut kantor bengkel. Katak pun terkejut, karena sebuah sapu mendorong tubuhnya dengan keras hingga mereka terhempas hingga keluar ruangan.

Dari depan teras, mereka meoanjutkan perjalanan.
Katak 5: Tempat apa itu? Kenapa ada banyak orang tertawa dan kelihatan gembira? Ayok kita kesana"
Katak 6: Ayo..
Katak 5: Kau merasa lelah kawan?
Katak 6: Lumayan.. Tapi aku merasa senang. Andai aku hanya menunggu di kolam, tentu terasa amat bosan.
Katak 5: Haha iya.. itu bukan pekerjaan yang asik buatku.
Katak 6: Tempat apa ini? Hmm.. baunya bikin perut keroncongan.
Katak 5: Ini namanya dapur dan itu adalah ruang makan. Setiap seleasai makan, orang-orang menyerahkan uang. Ups.. apa ini?"
Sang katak terkena air dari atas meja. Rupanya secangkir kopi tumpah.
Katak 6: Apa rasanya?
Katak 5: Pahit.. Hai lihatlah.. di sana ada kolam yang sangat besar.. Orang orang sedang duduk di pinggirnya. Apa yang mereka lakukan? Mari kita lihat..
Kedua katak pun menuju kolam besar yang bernama tambak.
Katak 5&6 berkeliling tambak dan sangat gembira karena menemukan banyak nyamuk di sana. Aha... mari kita kabarkan pada teman-teman yang lain. Ada surga buat kita di sini.
Katak 5&6 pun kembali ke kolam tempat teman-temannya menunggu. Sesekali mereka harus menjerit karena hampir tergilas roda mobil dan motor. Sampai di kolam, mereka menyampaikan kabar gembira dan menyusun rencana hijrah.

Nah, sekian dongeng hari ini. Hikmah yang bisa dipetik:
🌷Selalu berhati-hati dalam melakukan apapun.
🌷Berani, semangat dan pantang menyerah adalah modal keberhasilan
🌷Ikhlas dan bergembira melaksanakan tugas, menjadikan rasa senang, syukur dan bahagia

#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunSayIIP
#GrabYourImagination