Game Level 6 Hari I I Love Math
Kamis, 20 Juni 2017

Alhamdulillah hari ini kita berjumpa lagi dengan game yang tambah seru dan menarik. Baiklah.. segera saya laporkan Aha moment kami di hari pertama mengikuti tantangan.

Pagi tadi Nayief bersiap akan pergi ke alun alun kota Lamongan bersama rombongan sekolah TK Mawar. Rajin sekali, Nayief Subuh sudah bangun dan bersiap siap. Saat akan berpakaian, ia berkata.. Sekarang pakai baju olahraga, berarti pakai baju dulu ni mi baru celana. soalnya bajunya kan dimasukin ya. Iya, betul.. Kemudian Saya bertanya, nanti naik apa ya bang ke alun-alun? Naik truk mi.. Owh, sepertinya asik ya bang. Umi sudah lama gak naik truk. Terakhir kali saat kuliah.. Ayi, uda pernah mi naik truk. Kalau dulu naik mobil apa ya mi namanya? Elf? Iya itu, lebih kecil dari truk. Terus kalau naik truk, bisa duduk dan berdiri gak pakai kursi. Tapi pakai tikar. Wah uda gak sabar ni rasanya ya bang.. kepingin cepet2 berangkat. Nanti kalau ada waktu, umi nyusul pakai motor ya sama Zed. Zed juga kepingin main di alun2.

Tepat pukul delapan, saya dan Zed tiba di alun2. Bang.. saya dan Zed menyapa, disambut dengan senyuman. Abang mau main masukin bola ke tempat. wah asiik.. bola bentuknya apa dong? bulatlah.. jawab Nay. Nah kalau tempatnya berbentuk apa? Gini mi.. Nay mendiskripsikan, keranjang mi namanya. atas sama bawahnya tu bundar, trus ada ke atasnya, bisa diangkat. kayak toples tapi gak ada tutupnya. Lebih kecil dari toples kerupuknya umi. Owh.. itu namanya berbentuk tabung. Iya, tabung.. Nay mengikuti. Banyak benda yang kami jadikan obyek geometri hari ini.

Berikutnya Zed. Hari ini Zed asik bermain jungkat jungkit dan ayunan. Aha momentnya.. Pas diayun ke depan, kami ucapkan bersama.. maju, kemudian pas ke belakang kami ucapkan mundur. Begitu juga dengan perosotan.. naik, turun.. Saat di kandang burung,, kami ucapkan terbang tinggi, terbang rendah.. hinggap. Saat melangkah,, Zed berhitung 1-8. Saya berjalan mundur dan Zed berjalan maju.
Selama perjalanan Zed selalu berteriak saat melihat masjid, masjid mi.. masjid.. lewat pom bensin, isi bensin mi isi bensin. Kemudian saat melihat kendaraan lain, Zed berucap pelan pelan hati hati jangan ngebut. haha.. saya pun menunjukkan bahwa roda2 yang kami jumpai bentuknya bundar.

Indy.. saat menanak nasi, iya menakar beras dengan gelas. sebanyak tiga gelas. Kemudian ia memasukkan air sebanyak tiga gelas.. Aha momentnya, kami jadikan kejadian tersebut sebagai pelajaran perbandingan. 3:3=1:1. kemudian ia mengupas bawang merah sebanyak 3 siung dan bawang putih 1siung.. perbandingan BM:BP=3:1 Demikian juga saat memasak gimbal jagung. perbandingan gula dan garam 1:2. Dan.. hari ini kami belajar perbandingan senilai

Ulwan. Ia memilih untuk membeli penggaris kayu dan tali rafia, saya tanya. Mau ngapain bang? Ngukur2 yang ada di rumah.. owh, saya diam dan memperhatikan apa yang wan kerjakan. Ia mengukur tinggi rumah, lebar, panjang, tinggi tangga, plafon, pohon2.. dll. wah, wah. Kemudian ia catat dalam buku ingin tahunya. Setelah itu, ia memberitahukan bahwa sekarang ia sudah punya data untuk menghitung luas kamar, teras dll.

Faiq.. Faiq lebih memilih untuk mengukur lemari boneka. Kemudian ia menghitung volumenya. Ia juga menjelaskan bahwa tisue yang saya beli berisi 250sheet dan 500ply. Ia deskripsikan mulai bentuk, tekstur hingga jumlah serta bahan pembuatnya. Untuk Ulwan dan Faiq.. mereka belajar sendiri tema sesuai keinginan. Setiap hari mereka mengerjakan satu soal olympiade matematika yang dipilih sendiri dari kumpulan soal. Bila mengalami kesulitan, barulah minta tolong untuk dijelaskan.

Hari berikutnya, mereka berencana untuk mengukur volume bak mandi dan menghitung waktu pengisian bak. Mau belajar Debit katanya. Saya pun mengiyakan saja. Ya, bagus.. bagus.. lakukan nak. Umi siap membantu kalau diperlukan. hehe..







#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunSayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs