Sabtu, 26 Agustus 2017
Pagi tadi saya coba membaca dengan seksama indikator kecerdasan intrapersonal dan interpersonal pada anak usia 2-3 dan 5-6 tahun. Kemudian mencari sumber untuk anak usia 8 dan 11 tahun. Tetapi belum menemukan. Jika diperhatikan, maka kecerdasan2 tersebut akan mengikuti pertambahan usia anak. Untuk usia anak maka kecerdasan Intrapersonal hampir sama dengan kemandirian. Sedangkan kecerdasan interpersonalnya mulai dari kemandirian hingga mulainya ada orang kedua yang menjadi partner. Dengan demikian.. maka saya berharap akan lebih teliti memperhatikan perkembangan putra putri dan memahami masing2 kecerdasannya.
4Ranah yang diamati:
*Ulwan
Intra: Ia mampu memahami nikmatnya sehat. Saat makan, ia merasa makanan tak berasa, lidah pahit dan matanya panas. Berbeda dengan saat sehat. Semua bisa dirasakan dengan baik
Inter: Ulwan mampu menyampaikan dengan baik apa yang dirasakan kepada uminya. Walaupun sakit, tetap bisa memperhatikan adik-adiknya yang sedang bermain. Saat salah satu ada yang meninggalkan permainan, Ulwan berusaha mencari tahu pwnyebabnya
Change: Saat membuat air mancur dari botol bekas, Ulwan menyampaikan hipotesanya dan berhasil pula menemukan cara agar air mancurnya bisa sukses dibuat.
Spiritual: Ikhlas pada kehendak Allah. Ulwan sudah ihtiar berobat dan berdo'a. Selanjutnya berserah pada Allah sang Maha Penyembuh
*Faiq
Intra: Karakternya jelas terlihat ketika ia mengatur adik-adiknya. Detail dan sistematis. Ia begitu bersemangat saat menyampaikan pesan kepada Indy. Ndi.. tolong dijaga baik2 Yazed ya. Abang mau berangkat latihan silat. Kemudian ia menuju kamar dan saya lihat bersalaman pada abangnya. Perasaan sedih terlihat dari pancaran wajahnya. Karena si abang tidak bisa ikut berlatih. Harus istirahat supaya cepet sembuh.
Faiq: Saat bekerja bersama Ulwan membuat air mancur, beberapa kali ia meminta abangnya untuk melihat hasil kerjanya. (Ulwan rehat sejenak sejenak karena masih belum vit) Bang.. lihat, kita tau rahasianya. Bagaimana air mancur ini bisa kencang) Sambil terus menunjukkan hasil kerjanya. Ulwan pun tersenyum. Karena beberapa hipotesanya benar terbukti.
Faiq juga bercerita jika di sekolah tadi, seorang wali murid memujinya karena berhasil mempwrbaiki mainan anaknya yang rusak. Mainan baling2 dengan dinamo. Kemudian ia ditanya apakah busa membuat lampu tetes. Faiq pun menjawab tidak bisa. Tapi itu jadi tantangan berikutnya, bagaimana ya cara membuatnya?
Change: Bisa membangkitkan semangat abangnya yang berkurang karena sakit dengan proyek sederhana dari ide abinya.
Spiritual: Yakin jika Allah yang telah mengatur rezeki seseorang baik berupa kesehatan, harta benda dsb. Sehingga ia katakan jika ingin sesuatu, maka mintalah pada Allah.
*Indy
Intra: Indy mengatakan bahwa sudah tak sabar rasanya untuk membuat lukisan. Sedangkan bahan lukisnya sudah habis. Jadi ia tetap harus bersabar.
Inter: Indy sudah mulai pandai berteman. Beberapa hari, dua orang temannya datang menjemput sebelum berangkat sekolah. Sadar kalau dijemput, Indy tak mau berlama-lama karena tidak enak dengan teman2nya
Change: Untuk mengatasi rasa ingin melukisnya, Indy mengajarkan adiknya mewarnai dengan krayon. Indy puas, adiknya pun senang
Spiritual: Indy mengajarkan Nay dan Zed untuk sholat magrib bersama dan berwudhu. Ia katakan bahwa Allah senang bila melihat orang yang sholat bareng.
*Nayief
Intra: Nayie sudah mulai belajar menggunakan pisau untuk memotong mangga
Inter: Nayief mampu bermain bersama Zed dan Wildan selama lebih dari 15 menit. Nay perhatian dan mengajak komunikasi adik2nya saay bermain
Change: Saat pagi tadi saya antar ke sekolah untuk jalan sehat, saya bertanya padanya bagaimana cara membawa botol minum karena ia tak membawa tas. Dengan ringan ia menjawab kalau nanti botolnya akan ia titipkan pada bu guru.
Spiritual: Nay mengatakan bahwa Allah itu ada dimanapun manusia berada. Semua yang ada merupakan milik Allah. Betapa indahnya surga itu Ada mandi susunya. Nay ingin tinggal di surga.
*Zed
Intra: Zed mampu melepas dan memakai celana sendiri. Hari ini Zed belajar pake kaos sendiri. Tidak mengompol saat tidur siang.
Inter: Bermain dengan anak lain tanpa dengan pengawasan. Mengajak Wildan untuk bicara
Change: Zed berusaha mencari posisi bicara yang enak agar Wildan dapat merespon apa yang ia sampaikan.
Spiritual: Selalu ingin ikut sholat saat umi maupun kakaknya sholat
#Tantangan10Hari
#Level 7
#KuliahBundaSayangIIP
#BintangKeluarga
0 Komentar