Game Level 10 Hari IX Membangun Karakter Anak dengan Mendongeng

Jum'at, 8 Desember 2017

Jum'at ini Nayief masih sakit. Badannya panas dan kurang enak makan. Tapi masih ingat jadwal mendongeng. Umi ceritain.. Umi sudah punya cerita apa belum? Nayief bertanya secara beruntun. Saya pun memutar otak sambil menjawab "Sudah punya."

Zed Indy juga siap mendengar. Cerita tentang apa mi? tanya Indy..
Mau pilih cerita apa nak? Umi punya dua cerita. Pertama tentang anak yang suka mengejek temannya dan satunya lagi tentang keluhan si buah ajaib.

"Buah Mi.." serempak anak-anak menjawab.  "Baiklah.. Tapi cerita buahnya nggak panjang panjang  loh.. "Iya nggak apa..", jawab anak-anak.

"Keluhan Buah Ajaib"

Di sebuah toko buah yang lengkap, terdapat buah-buahan yang beraneka warna, bentuk dan rasa. Ada apel, anggur, blueberry, cherry, duku, jeruk, jambu, klengkeng, mangga, melon, naga, nangka, pepaya, pisang, rambutan, strawbery, salak dan semangka.

Di seberangnya terdapat restoran siap saji yang menghidangkan makanan kegemaran segala usia. Ada hamburger, pizza, ayam kentucky, hotdog, sosiz bakar, dan ada juga yang menjual nugget hangat.

Di sebelah restoran terdapat warung nasi campur dengan menu andalah sayur urap, cah kangkung dan serombotan. Namun setiap hari toko buah dan nasi campur ini terlihat sepi. Sang penjaga toko juga terlihat bersedih. Melon berkata lirih kepada teman-temannya. "Manusia ini sungguh aneh. Mereka tak mau menyayangi dirinya sendiri. Padahal kita ini baik, sepanjang hari ada di depan mereka. Namun jarang sekali ada yang memakan kita. Mereka lebih memilih makan makanan yang tidak sehat. Padahal kita ini baik ya.. Coba saja, apa yang tak ada dari kita? Semua macam vitamin ada, rasa kita juga tak kalah lezat dan segar. Kita ini bisa membuat tubuh mereka menjadi kuat. Menangkis semua penyakit, menyembuhkan luka dan mengobati penyakit mereka."

Buah buah lainnya ikut bicara. Mereka menyayangkan sikap manusia yang tak mau menikmati buah dan sayur. Padahal penyakit telah mengintai mereka. "Waspadalah!"

"Ayi suka makan buah mi.. Kakak Indy loh harus makan buah-buahan. Supaya sehat."
Indy hanya diam dan tersenyum. "Kakak loh suka semua sayur," jawab Indy. "Ayi juga suka makan sayur kok." "Azed suka buah sama sayun" "Haha.. Iya Zed juga suka ya. Buah apa yang paling disuka Zed?" tanya saya kepada Zed. "Azed suka buah apa ya.. hmm.. apa ya?" sambil meletakkan jarinya di ujung bibir, hee bukan di kepalanya.

 "Jeruk, mangga, rambutan" Nay memberi pilihan. "Iya Zed suka jeruk" "Apa rasanya jeruk nak? Manis? Masam? Pahit?" Semua ikut menyimak jawaban Zed sambil tersenyum. "Manis.. asin.." "Loh kok asin?" tanya Indy. "Masem.." "Iya masem" Kami pun tertawa. "Hmm.. iya Nayief dan kakak juga Zed, abang Wan, abang Iq semua harus makan sayur dan buah secara seimbang. Karena kedua makanan itu baik untuk tubuh kita.

Demikian laporan game hari ini. Semoga bermanfaat.

#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunSayIIP
#GrabYourImagination