Lamongan, 31 Maret 2020

Suasana kini lebih hening dari kemarin. Dua jalan akses masuk ke dusunku sudah ditutup. Keluar masuk hanya melalui satu pintu. Di sana akan dilakukan penyemprotan desinfektan bagi yang akan masuk kampung. Masyarakat di dalam kampung masih beraktivitas dan berinteraksi dengan sesama penghuni. Begitu pula dengan TPQ di kampungku. Kemarin mulai ngaji ke rumah guru masing-masing sesuai jilid. Aku termasuk kepompong yang kaku untuk urusan ini. Kusampaikan secara terbuka bahwa aku tidak bisa mendukung kegiatan ini. Dengan beberapa alasan yang kurasa sudah menyentuh bagian empati manusia. Namun tetap tak ada hasil. Kegiatan tetap dilaksanakan sesuai dauh pimpinan Pusat TPQ. Sami'na Wa Atho'na pada pemimpin. Begitu jawabnya.

Ya sudahlah. Aku pilih minta izin untuk ketiga anakku belum bisa ikut mengaji. Giliranku yang akan mengajarkan anak-anak mengaji di rumah. Menjemput tugas dan kewajibanku sebagai seorang ibu.

Karena tokoku masih tutup, kasir toko sedang sakit demam tinggi dan batuk. Begitu juga dengan pegawai lain. Perlu istirahat memulihkan kesehatan. Aku teruskan belajar teori bisnis dari rumah. Segala macam pembukuan ada di dalam toko. Akses keluar rumah sudah tidak mudah. Akupun enggan keluar. Walaupun para tetangga masih ada yang berkumpul di depan rumahnya. Ngobrol satu dengan yang lain. Kegiatan yang hampir tak pernah kulakukan.

Aku memikirkan siapa gerangan segmentasi pasarku. Selama ini aku tak pernah fokus memikirkan, hanya memperhatikan secara global. Ada enam segemntasi pasar menurut buku yang kupelajari, yaitu:
1. Berdasarkan geografis
a. Urban
(Tokoku berada di desa yang tidak sepi. Dua pondok pesantren dan banyak sekolah ada di sini)
b. Pulau: Jawa
c. Kota: lokal
d. Ukuran saluran distribusi: Tradisional outlet

2. Demografis
Yaitu keseragaman penduduk berdasarkan
Tingkat pendidikan, jenis kelamin, tingkat sosial' ekonomi, kelompok usia dsb

3. Psikologi/Perilaku
Yaitu gaya hidup seseorang untuk menghabiskan waktu dan uangnya sehari-hari

4. Segmentasi penggunaan
5. Segmentasi kepentingan
6. Segmentasi pelanggan

Pelajaran hari ini memberikan peta yang jelas padaku tentang segmntasi pasar usahaku.

Sunyi ini membuat kepompong lebih peka dalam mendengar dan merasakan. Betapa kehidupan penduduk di kampungnya perlu sentuhan khusus. Khusus dari Rabbnya lewat tangan-tangan yang ikhlas dan pantang menyerah.

Sumber: badge t8-30h

#day8
#tantangan30hari
#kelaskepompong
#bundacekatanbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional