Lamongan, 20 April 2020

Seharian ini aktivitas rumahan cukup padat. Kelima bintangku berkreasi namun tak semua sempat difoto. Aku pun sibuk di dapur menyiapkan aneka makanan sederhana namun menyenangkan.
Pisang dan telo ungu digoreng tepung. Makannya saat masih hangat. Lumayan membuat anak-anak bersemangat mengerjakan tugasnya. Faiq mengurus cucian, membersihkan dan memperbaiki kipas angin yang rusak. Ulwan membersihkan halaman belakang dan mencuci semua sepeda ontel. Jumlahnya empat buah. Indy menanam pohon cabe sebanyak enam polibag. Nayief belajar bahasa Jawa dan menghafal beberapa surat pendek juz 30, Zed dibantu abangnya membuat hiasan dari akrilik.
Sumber: dokumentasi pribadi

Sore hari sesaat sebelum toko tutup, aku menelpon pegawai karena sebuah keperluan. Kupikir tokonya sudah ditutup. Ternyata pegawaiku ada di dalam toko sedang menimbang bahan-bahan kue.
Ia datang ke rumah untuk membawakan pesananku sebelum azan magrib.
Seringkali ia bekerja lebih dari waktu yang seharusnya. Bukan karena ingin mendapatkan bonus atau uang lemburan. Namun karena ingin menyiapkan barang dagangan toko dengan baik. Sehingga saat pembeli datang, barang sudah siap tak perlu menanti untuk ditimbang.
Sumber: badge day28-30

Beda lagi dengan pegawaiku yang lain. Ia selalu siap dan sigap jika diberikan tugas. Geraknya sangat cepat dan gesit. Termasuk saat menjaga toko. Begitu ada pelanggan datang, ia sudah siap menyambut. Dan geraknya cepat untuk menunjukan atau mengambilkan barang yang dimaksud.
Untuk liburan pun mereka berbeda dengan pegawai toko keluarga yang lain. Pegawaiku jarang minta libur dan bila diberikan libur yang lama juga keberatan. Padahal gajinya tetap tanpa dikurangi. Kupikir begitulah loyalitas seorang pegawai yang perlu dibanggakan. Sangat mengharukan bagiku. Mereka seperti pemilik toko yang sangat menjaga tokonya. Alhamdulillah

#day28
#tantangan30hari
#kelaskepompong
#bundacekatanbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional