Lamongan, 6 April 2020

Setelah batal membuat strategi marketing di day 13, maka hari ini kucoba corat-coret di jurnal harian. Seperti biasa, sebelum disyahkan, aku harus konsultasi dulu dengan partner bisnis dan hidupku. Hehe

Targeting adalah kegiatan menilai dan memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki. Sedangkan produk dari targeting adalah target market (pasar sasaran) yaitu satu atau beberapa segmen pasar yang akan menjadi fokus kegiatan-kegiatan Marketing.

Penentuan target pasar berdasarkan empat hal, yaitu:
1. Responsif
Target harus punya respon yang tinggi terhadap produk kita
2. Potensi penjualan
Target harus mampu dan mau membeli produk kita
3. Pertimbangan memadai
Target harus dapat tumbuh dan berkembang sehingga produk punya siklus yang panjang
4. Jangkauan media
Target pasar harus bisa dijangkau media, sehingga promosi bisa berjalan sesuai siklus hidup produk.

Dalam hal ini, pesaing mempunyai pengaruh yang besar terhadap produk kita. Semakin banyak pesaing maka akan terjadi perebutan pasar yang ketat. Untuk memenangkan persaingan ini, maka diperlukan targeting yang tepat, seperti:

1. Konsumen
*Potensi pasar atau market share?
Sekolah, rumah tangga, pedagang kaki lima, industri rumah tangga
*Siapa yang jadi konsumen?
Semua usia
*Siapa target kompetitor?
Toko-toko sejenis yang berada di sekitar 15 km dari toko
*Di mana saja biasanya konsumen tinggal?
Kampung-kampung di sekitar toko baik dalam satu kecamatan atau beda kecamatan
*Pendidikannya apa? Pendidikan dasar hingga sarjana
*Pendapatannya bagaimana?
Bervariasi mulai gaji UMR hingga pendapatan rendah

2. Nilai/value
*Nilai uang: rupiah
*Berapa target penjualan dalam bentuk uang? .../hari (rahasia toko) 😂

3. Jumlah/volume:
Ini sama dengan target penjualan secara value. Bedanya hanya dalam bentuk volume/tonase
*Jumlah tonase/Karton/sak/lembar/gulung dsb  jenis barang yang dijual/bulan?
(Ada dalam buku catatan khusus)

4. Saluran distribusi
Outlet:
Toko, pasar (tradisional market)

5. Target media komunikasi: medsos, banner
Media komunikasi yang cocok?
Media komunikasi yang baik?
Bagaimana komunikasi produk kita yang baik dan Benar?

Edukasi masyarakat:
Demo masak, cooking and baking class, belajar menggambar bersama komunitas gambar, belajar kerajinan tangan dengan komunitas. Melibatkan masyarakat sekitar

Positioning: (ada di day3)
https://umiisminewblogger.blogspot.com/2020/03/kepompong-kecil-memperbaiki-posisi.html?m=1
Sumber: badge day14-30h


Sekian dulu jurnal hari ini. Alhamdulillah

#day14
#tantangan30hari
#kelaskepompong
#bundacekatanbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional