Lamongan, 9 Juni 2020

Jurnal ketiga kali ini berisi tiga hal penting agar hidup lebih bermakna.
Tiga hal yang dimaksud sesuai persepsiku adalah menentukan tujuan hidup, merencanakan kegiatan untuk mencapai tujuan tersebut dan menentukan skala prioritas untuk melakukannya.

Aku buka kembali mind map yang sudah dibuat di tahap sebelumnya. Waktu itu aku putuskan untuk belajar bisnis di kelas bunda cekatan. Aku banyak belajar di tahap ulat dan beberapa hal sudah kuterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Di tahap kupu-kupu ini aku sedikit memutar kompas namun masih di jalan yang akan membawaku pada tujuan besar hidupku.

Saat membuat jurnal Tree in one ini aku mulai dengan menetapkan tujuan hidup diri dan keluarga. Dari tujuan tersebut aku membuat langkah mundur dan menetapkan rencana-rencana yang akan kulakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Setelah rencana kubuat, aku bisa melihat skala prioritas dari setiap hal yang kubutuhkan.

Dalam tahap kupu-kupu ini, kumantapkan untuk belajar dua hal yang saling bersinergi. Pertama adalah belajar bisnis dan kedua adalah menuliskan setiap momen belajarku dalam blog sebagai jejak hidupku dan keluargaku. Untuk pelajaran bisnis, aku belajar banyak dari kegiatan bisnis sehari-hari ditambah teori yang sudah pernah kudapat dari tahap ulat.

Aku memerlukan choach untuk belajar menulis dan mempercantik blog. Untuk urusan yang satu ini aku betul-betul memerlukan bimbingan dan arahan. Apalagi selama tahap ulat aku hanya berkutat di pelajaran bisnis saja. Semoga coachku bisa membimbingku dalam membuat peta belajar blog agar langkah belajarku semakin mantap.

Setelah kusampaikan tree ini one ini pada coachku, Alhamdulillah beliau memberi support dan kurasa ini adalah langkah baik untukku dalam menapak di jalanan yang ada dalam peta belajarku.

Sumber: Dokumentasi pribadi

#jurnalke3
#tahapkupukupu
#buncek1
#institutibuprofesional