Game Level 10 Hari XI Membangun Karakter Anak dengan Mendongeng

Ahad, 10 Desember 2017

Pk. 13.00
Siang ini kami berkumpul dengan santai. Menonton TV dan melakukan seni lipat dengan kertas origami. Saya, Nayief (anak ke4) dan AZed (anak ke5) membuat bentuk ikan. Ulwan dan Indy membuat bentuk bunga. Faiq sibuk dengan ikan hiasnya. Setelah aktivitas selesai, saatnya berdongeng..

💟Five Stars💟
Love You Kids

N: Umi.. cerita apa ya sekarang? Umi, Ayi juga pingin buat cerita.
I: Indy juga kepingin..
Z: Zed uga ingin
U: Boleh.. kapan-kapan kita bikin cerita bersama ya. Atau mau bikin sekarang?
I: Dengerin cerita umi dulu..
U: Owh gitu. Iya deh nggak apa. Hari ini ceritanya tentang sholat Isya' ya.
N: Loh kok sholat Isya'? Kan uda tau. Sholatnya 4 raka'at
U: Wah iya pinter. Abang Nayief uda tau ya kalau sholat Isya' empat raka'at. Ada lagi yang lainnya loh.. mau denger apa nggak?
Anak2: Mauuu...

"Keistimewaan sholat Isya' Berjama'ah"

Di dusun Pelangi hiduplah masyarakat yang sangat rajin melaksanakan sholat Isya' berjama'ah. Dari anak-anak hingga orang tua semua bergegas ke masjid jika azan Isya' terdengar. Di salah satu rumah yang letaknya tak jauh dari masjid, ada seorang anak yang bernama Ghofur tinggal bersama ibunya. Ghofur anak yang rajin pergi ke masjid. Ia juga selalu senang bertanya tentang ilmu agama kepada para ulama di dusun. Ghofur senang belajar azan, puji-pujian, seni membaca Al Qur'an dan juga belajar tentang fiqih, aqidah akhlaq dan Sejarah Islam.

Hari itu... Ghofur bergegas berangkat ke masjid untuk melaksanakan sholat Isya' berjama'ah. Ia keluar dari rumah dan melihat Amir sedang duduk-duduk di depan rumahnya.
G: Assalammu'alaikum Amir... Kau akan l sholat ke masjid juga kan? Ayo berangkat bareng.
A: Wa'alaikummussalam Ghofur. Aku absen dulu ke masjidnya. Ntar sholat di rumah aja. Bukankah sholat Isya' itu waktunya sangat panjang.. Sampai sebelum Subuh juga masih bisa sholat Isya'
G: Ah kamu ini.. Kenapa mesti ditunda? Ayo bareng aku sholat sekarang di masjid
A: Nggak ah.. Hhehe. Kamu ajalah duluan
G: Nggak nyesel niih?
A: Haha.. ya nggaklah. Ngapain juga nyesel.
G: Ya uda. Aku berangkat duluan ya.
A: Oke

Demikianlah.. Ghofur segera berangkat ke masjid. Ia mempercepat jalannya supaya tidak terlambat. Sampai di pintu masjid ia berdo'a mau masuk masjid dan berjalan dengan lembut. Ghofur ingat adab berjalan dan bertingkah laku di masjid. Semua harus sopan.

I: Umi.. kalau seumuran Zed gitu yang masih suka lari-larian di masjid gimana?
U: Kalau masih kecil.. kan adik masih belum mengerti. Tapi kalau kakak, abang, abi dan umi selalu menjaga adab di masjid, tentu nantinya adik akan meniru juga.
N: Ayi gak suka lari-lari di masjid. Kalau jalan pelan-pelan kok mi.
U: Wah iya.. abang Nay buat umi bangga. Karena sudah mulai praktek adab berjalan di masjid. Lanjut lagi ya ceritanya..

Ghofur sudah berwudhu ketika tadi akan berangkat ke masjid. Dan masih belum batal wudhunya. Jadi Ghofur langsung sholat sunnah tahiyatul masjid dua rakaat. Begitu salam, sudah terdengar iqomah. Ghofur pun bersiap sholat Isya' berjama'ah. Setelah selesai, Ghofur sholat lagi dua raka'at. Kali ini ia sholat sunnah rowatib ba'diyah. Setelah selesai sholat.. Ghofur segera pulang dan bersalaman dengan jama'ah lainnya yang ia jumpai. Dalam perjalanan pulang, Ghofur berjumpa dengan Amir yang belum sholat Isya'. Mereka pun janjian akan berangkat sekolah bareng besok pagi.
Abang Ulwan dan Faiq😆
Bukan Ghofur dan Amir 

A: Ghofur.. semalam aku bermimpi. Mimpinya nggak enak. Aku mimpi makan ikan tapi gusiku tertusuk duri. Nah saat aku minum, nggak taunya minuman tehku rasanya asin.

Keesokan pagi..
G: Haha.. rasa baru.
A: Saat aku buka mata, nggak taunya ibuku ada di sampingku dengan sejumput garam di tangannya. Rupanya ia membangunkanku karena aku belum sholat Isya'. Tapi aku sulit bangun. Makanya mulutku diberi garam.
G: Haha.. Kau sih, diajak sholat di masjid nggak mau. Nanti malam ya sholat bareng.
A: Iya Fur.. aku nggak mau makan garam lagi saat tidur. Apalagi kalau makan cabe. weehh..
G: Hihi.. Kau tau kan Amir, sholat Isya' dan Subuh itu begitu istimewa.
A: Istimewanya karena apa Fur?
G: Begini Mir.. waktu masuk sholat Isya' itu, malaikat shift awal dan shift berikutnya sedang bertukar shift. Jadi, mereka akan mencatat amal sholat kita berbarengan. Kita akan punya catatan kebaikan di dua laporan. Catatan di shift awal dan catatan di shift berikutnya. Begitu pula dengan sholat Subuh berjama'ah. Makanya dua waktu sholat itu sangat istimewa.
A: Wah, aku sudah ketinggalan banyak catatan sholat denganmu Fur. Bagaimana caranya agar aku bisa menyusulmu?
G: Haha.. Gak perlu risau kawan.. Allah maha pengampun dan sangat baik. Kalau kau bisa berubah lebih baik dari hari ke hari, maka catatan amalmu akan melesat seperti kilat. Yang penting kita iklas dan senang beribadah. Berlomba-lomba menuju kebaikan dan menjauhi kemungkaran. Insyaa Allah tak ada satupun yang tak dilihat oleh Allah. Karena Allah tak pernah tidur.
A: Wah.. terimakasih Ghofur. Aku jadi semangat untuk lebih baik. Kau memang sahabatku yang baik dan pandai.
G: Ah kau jangan begitu. Aku pun masih kurang ilmu. Masih harus terus belajar.

Nah.. demikianlah nak. Ghofur dan Amir sekarang selalu sholat Isya' dan Subuh berjama'ah. Ayo siapa yang mau seperti Ghofur dan Amir?

Anak2: Mauu...


#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunSayIIP
#GrabYourImagination