Level 12 Rancangan Model Aplikasi E-Learning

Infrastruktur, sistem & aplikasi e-learning

Perkembangan zaman dapat dilihat dari perkembangan teknologinya. Diantara berbagai teknologi yang berkembang, salah satunya adalah teknologi informasi.

Proses belajar adalah proses menjadi tahu atas suatu ilmu yang sebelumnya belum diketahui atau belum difahami. Dalam era digital seperti sekarang ini, belajar menjadi semakin mudah. Untuk membahas dan mempelajari suatu hal, tidak melulu harus hadir dalam tatap muka bersama guru dan tentor secara offline. Karena dengan internet, kegiatan tersebut dapat terlaksana secara online.

Pembelajaran yang dirancang dengan tujuan memakai sistem elektronik atau komputer untuk mendukung suatu proses pembelajaran disebut dengan E-learning.

Menurut LearnFrame.com (Glossary, 2001), E-learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media internet, jaringan komputer, ataupun komputer standalone. 

Komponen e-learning terdiri dari:
  1. Infrastruktur. PC, jaringan komputer, internet, perlengkapan multimedia, peralatan teleconfrence
  2. Sistem dan aplikasi e-learning (LMS). Software, administrasi, dokumentasi, laporan pelatihan/belajar/rapot, ruangan kelas, kejadian secara online, proses e-learning, isi pelatihan dan kebutuhan lainnya.

Berikut adalah salah satu contoh aplikasi belajar Ruangguru beserta fitur yang terdapat di dalamnya
  1. Ruangbelajar adalah tempat untuk belajar mandiri online lewat misi-misi belajar (learning journey) yang terdiri dari ribuan video, rangkuman infografis, serta ribuan kuis dan latihan soal untuk masing-masing sub-topik pelajaran. Selain itu, kita juga bisa memantau perkembangan belajar secara langsung setiap harinya melalui rapor ruangbelajar. Dapatkan juga USB On The Go (OTG) supaya bisa nonton video belajar tanpa kuota (khusus pengguna Android).
  2. Digital boot camp adalah bimbel online pendukung segala persiapan belajar mulai dari kelas 6 SD sampai dengan kelas 12 SMA hingga SBMPTN. Disini, siswa akan dapat berbagai fasilitas belajar lengkap, mulai dari group chat mata pelajaran dengan kakak tutor standby yang akan membantu belajar, modul belajar, tryout online, dan fasilitas belajar seru lainnya baik di app maupun di luar app.
  3. Ruangless adalah bimbel untuk meningkatkan kemampuan secara akademik maupun non-akademik dengan memesan guru privat yang berpengalaman di bidangnya untuk datang dan mengajar di rumah. Semua diatur sesuai keinginan. Ruanglesonline bisa nanya pelajaran ke tutor via aplikasi! Ngerjain soal nggak pake bingung lagi! Siswa bisa konsultasi via aplikasi live chat, tutor ruanglesonline akan membantu siswa membahas semua soal maupun pertanyaan dalam hitungan menit
  4. Ruanguji adalah tempat bagi siswa untuk mengukur kesiapan mengikuti ujian dengan mengerjakan tryout. Tidak hanya Ujian Nasional, siswa juga bisa menemukan soal SBMPTN, UTS, UAS dan UKG. Selesai mengerjakan, siswa bisa langsung mendapatkan pembahasan, analisis topik kelemahan dan peringkat.


Selain Ruangguru masih banyak aplikasi e-learning lainnya yang juga keren. Seperti: kelas kita, quipper, exam preparation dan lainnya.

Sebagai ibu dan istri yang lebih banyak bergulat di dapur, cucian dan lebih banyak bermain bersama anak, maka ingin sekali belajar lebih banyak tentang mengurus anak, keluarga dan lingkungan sekitar secara online. Karena keterbatasan waktu untuk tatap muka secara offline. Kiranya dalam ruang belajar IIP terdapat beberapa fitur yang bisa memuat harapan kami para ibu yang sedang belajar melek teknologi. Diantaranya adalah:
  1. Ruang administrasi berisi absensi kehadiran, cheklist materi yang sudah dipelajari, cheklist tugas yang sudah dikerjakan, arsip sertifikat, lencana/award dan administrasi lainnya yang diperlukan dalam proses belajar di IIP
  2. Ruang belajar berisi video pembelajaran, catatan belajar, tutorial menggunakan aplikasi tertentu. Misal membuat gform, membuat desain lewat canva, kinemaster dan tutorial kegiatan lainnya.
  3. Ruang diskusi berisi jadwal diskusi, pemandu diskusi tiap level, ruangan lengkap dengan fasilitas catatan, kursi-kursi peserta diskusi dan fasilitas presentasinya.
  4. Ruang eksperimen berisi video dan catatan serta testimoni dari para siswa terhadap suatu topik/tema yang dipelajari. Berisi pula quote-quote penyemangat dari, bagi dan untuk semua siswa. Di sini juga memuat berbagai pengalaman dan tantangan yang  pernah dihadapi oleh ibu-ibu pembelajar
  5. Ruang konsultasi pembelajar dengan fasilitator atau ahlinya
Rancangan e-learning IIP