Lamongan, 22 Desember 2019

Telur Telur Merah

Pernah mendengar kata metakognisi? Ya, kata ini berhasil menegakkan kembali telingaku di cangkang yang semakin menghangat. Membuatku berkelana mengingat lagi apa perbedaan pedagogik dan metakognisi?

Kang Pandu memberikan penjelasan singkat yang mudah difahami. Bahwa dalam belajar, pedagogik adalah pembelajarannya.
Sedangkan metakognisi adalah ilmu yang mengatur informasi yang masuk pada proses belajar.

Apa perlunya sih metakognisi?
Tujuannya supaya kita bisa mengakselerasi belajar kita. Istilah kekiniannya "gas poll" dalam belajar. Singkatnya, metakognisi ini adalah:
1. Pemilihan ilmu apa yang mau dipelajari seseorang
2. Bagaimana mengingat hasil belajar dan kemudian mengevaluasi

Sumber: Bunda Cekatan IIP Telur II

Tak bisa dipungkiri bahwa Allah telah memerintahkan manusia supaya menjadi  pembelajar mandiri, salah satunya melalui firman Allah  dalam Al Qur'an surat Al  Alaq ayat 1 dan Al Baqarah ayat 31

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ

"Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan," (Al Alaq:1)

وَعَلَّمَ آدَمَ الْأَسْمَاءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلَائِكَةِ فَقَالَ أَنْبِئُونِي بِأَسْمَاءِ هَٰؤُلَاءِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ

Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!" (Al Baqarah: 31)

Kini aku semakin mengerti, mengapa aku ada di sini. Aku harus menyiapkan masa depanku. Dalam cangkang ini aku berfikir, menyusun strategi dan mengumpulkan kekuatan. Ah rasanya aku mulai penasaran, aku ingin tahu apa yang ada di balik tiraiku ini. Tapi bagaimana caranya ya? Aku belum punya kekuatan. Kurasa aku harus bersabar. Sedikit lagi.. sedikit lagi..

Kemarin aku sudah menemukan sedikit tentang diriku. Apa yang kubisa dan kusuka. Kini aku harus tau mana yang penting dan mendesak untuk kukerjakan. Wah.. aku jadi sungguh bersemangat.

Sumber: Bunda Cekatan IIP Telur II

Nah, melihat kurva daun itu, aku merasa itulah aku. Center of poin dalam hidupku ini telah membuatku selalu bahagia. Aku tak pernah merasa lelah untuk berbagi apa pun yang aku bisa. Aku hampir tak pernah merasa tak suka. Semangat itu hanya membuatku menjadi suka. Aku berani menghadapi semua tantangan karena aku yakin itulah tugas langitku. Tapi kemudian aku berfikir. Itu bukan tugas langit tapi itu adalah sebuah kewajiban bagi setiap makhlukNya. Aku perlu mencari tugas langitku sendiri. Mungkin dari sini akan kutemukan. 

Sumber: Bunda Cekatan IIP Telur II (revisi)

Lima hal dalam telur merah itu adalah sesuatu yang mendesak yang harus aku lakukan. Agar hidupku semakin bahagia.
Protein dalam tubuhku akan membuatku tumbuh dan berkembang. Kini aku masih di sini. Dengan semangat yang berkobar. Seperti warna cangkangku. Merah, berani, mandiri.

#janganlupabahagia
#jurnalminggu2
#materi2
#kelastelur
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

Sumber: 
Materi Bunda Cekatan Tahap II telur-telur
Pengalaman pribadi
https://aceh.tribunnews.com/2012/03/07/metakognisi-dalam-belajar