Lamongan, 18 Oktober 2020

Setelah selesai pesta pemilihan walikota dan jajaran pejabat Hexagon City, kini saatnya kami memetakan potensi diri berupa passion, tantangan, solusi dan ide. Setelah itu diramu menjadi sebuah projects cohousing yang bermanfaat bagi para Hexagonia. 

Aku mulai dengan canvasku. 
بسم الله الرحمن الرحيم

💫Nama: Ismi Novianti
1. *Passion*: Passion for service
2. *Life Stage passion*: Foster Life Stage (service)
Saat ini aku ada di negeri hijrah. Aku memulai kembali life stage passionku dari tahap 
Knowledge, business dan akan memulai dengan *service*.
Sebelum hijrah, aku dan paksu mengabdi sebagai pendamping masyarakat program KUBE-LKM dalam naungan Depsos-PINBUK (Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil) masing-masing dari kami mendampingi 480 KK dalam bidang bisnis usaha kecil. Kutinggalkan semua catatan ilmu dan pengalaman indah di negeri jihadku. Aku memulai sesuatu yang baru di negeri hijrah hari ini. 
3. *Hard Skill*
Aku memerlukan keterampilan mengembangkan hasil bumi di daerahku. (Membuat pakan ikan dari sisa konsumsi manusia, mengolah bandeng dan hasil tambak, minyak jelantah sehingga bisa menjadi komoditi bernilai tinggi, mengelola kebun rumah menjadi lahan ekonomis) dan keterampilan lainnya yang dibutuhkan oleh keluarga2 kecil di daerahku.
4. *Soft Skill*
Aku memerlukan pelajaran bahasa dan kultur Jawa. Karena aku sadari bahasa pengantar ini penting dalam berkomunikasi dengan masyarakat. Aku perlu imu untuk menahan jiwa pembaharuku di negeri ini agar tetap rileks dan optimis.
5. *Tantangan*
Aku salah satu pejuang LDR dengan lima anak. Kini 2 mujahid sedang belajar di PMD. Ada 3 anak yg perlu kubersamai di rumah. Sehingga aku berbagi tiga peran dalam keseharian. Sebagai:
-Istri yg menjaga Qowam suami baik di dalam maupun luar rumah.
-Ibu dari tiga anak di rumah& dua di PMD 
-Pedagang yang sedang membangun bisnis keluarga sebagai salah satu jalan mencapai misi keluarga.

6. *Solusi 1*
Sementara membangun bisnis diri sendiri dulu, setelah paksu kembali berkumpul bersama, baru bergerak memberdayakan masyarakat. 
Tapi memerlukan waktu yang cukup lama untuk menunggu paksu 😀, padahal ketahanan desaku  harus segera dibangun.

*Solusi 2*
Aku memulai dari sekarang (dengan izin paksu tentunya) kusiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam memberdayakan masyarakat lewat kelompok PKK yang ada. Walaupun aku belum bisa menjadi penggerak dalam naungan yang formal karena KTPku masih KTP daerah asalku. Tapi aku bisa aktif mengikuti kegiatan PKK dan menyalurkan potensiku dalam mendampingi ibu-ibu di daerahku untuk membangun ketahanan desaku. 

*Ide:*
Aku akan membuat kelompok mentor/trainer dari beberapa keterampilan (hard skill) yang dibutuhkan. Kelompok mentor itu nantinya akan kuajak berkolaborasi untuk menularkan ilmunya. Selanjutnya aku akan mendampingi masyarakat khususnya ibu-ibu di lapangan untuk mengembangkan ilmu yang sudah dipelajari sehingga bisa bermanfaat bagi keluarga dan pembangunan desaku khususnya di bidang pendidikan, sosial dan ekonomi.



Selanjutnya adalah projects cohousing kami (Bismart 5) Bisnis Smart Cohousing 5. Setelah berdiskusi, akhirnya kami pustuskan untuk mengajukan proposal projek berupa pendampingan usaha bagi pemula bisnis di Hexagon City. Judul projectnya adalah "Ubah Recehan jadi Lembaran Merah"
Tujuan dari projects tersebut adalah untuk membantu para Hexagonia yang ingin memulai bisnis ataupun ingin meningkatkan bisnis secara profesional dengan pendampingan usaha selama 3 bulan. Pendampingan usaha berupa mentoring dan kuliah bisnis yang akan diselenggarakan secara berkala. 

Dua belas materi bisnis akan diberikan pada pelaku usaha/pebisnis yang akan didampingi, yaitu:
1. Menentukan tujuan berbisnis
2. Manajemen waktu bisnis
3. Menentukan bisnis
4. Marketing online
5. Teknik closing
6. Handling customer
7. Editing foto lewat hp
8. Pembukuan sederhana
9. Branding
10. Membentuk tim 
11. Manajemen uang bisnis
12. Membina reseller

Demikian hasil kerja kami di pekan ketiga ini, menyiapkan amunisi untuk bergerak, berbahagia, produktif dan bermanfaat.

#Pekan3
#BundaProduktif
#IbuProfesional
#IIP