Game Level 10 Hari XIV Membangun Karakter Anak dengan Mendongeng

Kamis, 14 Desember 2017

Mengikuti game kali ini membuat pikiran tak henti mencari ide dan membaca peristiwa untuk bisa meningkatkan daya hayal. Asiik banget ya..

Hari ini anak-anak sudah selesai UAS. Pulang dari sekolah, semuanya langsung melakukan kegiatan yang disukai. Ulwan dan Faiq membersihkan tiga aquariumnya dan memasukkan ikan-ikan hias ke dalam kolam kecil buatan mereka. Nayief kedatangan teman-teman bermain. Kelihatan gembira sekali setelah beberapa hari sakit. Indy dan Yazed asik menggambar. Indy pun menodong saya agar mau mendongeng dengan gambar yang ia buat..

I: Umi, Indy buatin gambar. Habis ini, umi harus bikin cerita dari gambar Indy ya..
U: Loh katanya Indy yang mau cerita.
I: Ia, Indy cerita lewat gambar. Umi cerita lewat omongan..
U: Owh begitu. Baiklah..
Gambar Indy

U: Apa ya judulnya ini?

"Dunia Dongeng Putri Kecilku"

Suatu hari di sebuah hutan di tepi pantai, hiduplah seorang nelayan bersama istri dan anak-anaknya. Tempat tinggal mereka cukup jauh dari perumahan penduduk lainnya. Setiap hari sang nelayan mencari ikan di laut dengan perahu kecilnya. Dan pancingnya pun tak pernah sepi dari tangkapan. Lihat saja, ikan-ikan antri ingin mengikuti mata pancing sang nelayan. "Ayo pancing aku... Aku ingin ikut denganmu wahai nelayan." Hmm Ada apa gerangan ya?

Terdengar suara ikan-ikan yang berebut mata pancing, "Ah.. aku senang dengan orang ini. Setiap ia membawa tangkapan ke rumahnya, ia perlakukan ikan-ikan dengan sangat baik. Ia langsung membersihkan dan memanfaatkan kita sebagai olahan makanan atau pun dijual kepada para pembeli di pasar. Walaupun jarak rumah dengan tempat ia mencari nafkah jauh, namun semangatnya tetap tak berkurang. Sebagian hasil penjualannya, ia sumbangkan pada taman pendidikan. Nah, walaupun tak banyak, namun apa yang ia lakukan mampu menginspirasi masyarakat yang lain. Akhirnya.. banyak yang meniru kedermawanannya. Salah satunya itu si pemilik hotel yang kaya raya. Rupanya ia kagum pada sang nelayan. Dan kini.. pengusaha hotel mengajaknya bekerja sama membuat jalan agar anak-anak yang tinggal di pinggir pantai lebih mudah menyeberangi hutan pergi ke kota untuk menuntut ilmu. Setelah jalan baru dibuka, anak-anak bisa belajar dan mengembangkan bakatnya. Ada yang pandai bermain bola, memasak, mengolah ikan segar menjadi ikan asin dan ada pula yang pandai mengelola hutan. Tidak hanya itu, anak-anak yang suka berenang, kini tak hanya bisa berenang di pantai dan sungai. Tapi bisa juga berenang di kolam renang milik pengusaha hotel.

Masyarakat turut merasakan kebaikan sang nelayan seperti halnya ikan-ikan di laut. Mereka pun ikut menularkan kebaikan pada orang lain. Demikianlah, bila kita melakukan sesuatu sesuai panggilan hati, maka hasilnya akan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunSayIIP
#GrabYourImagination