Game Level 10 Hari XIII Membangun Karakter Anak dengan Mendongeng

Selasa, 12 Desember 2017

Melihat anak-anak bermain, tertawa dan berebut mainan membuat warna yang indah di dalam rumah. Hari ini Nay dan Zed sakit. Sedari pagi tidur, lemas dan tak bersuara. Hanya suara lemah yang terdengar. Tak ada yang meminta dongeng lagi. Setelah subuh tadi Nay sudah periksa ke dokter. Dari BP Muh Lamongan, dirujuk ke RSM sore nanti. Karena ada cairan di telinganya. Akibat batuk dan pilek yang tak bisa dikeluarkan lendirnya.

Sambil menggosok punggung kedua jagoan saya dengan Viks, saya pun bertanya, mau didongengin apa nggak? Dengan lemah Nay mengangguk. Tapi dongeng ini cocoknya buat abang. Ceritanya tentang kapal laut. Mau mi.. kata Nay. Baiklah umi mau cerita judulnya adalah

"Nahkoda Kapal yang Tangguh"

Sore itu, terlihat sebuah kapal di tengah lautan. Sedang bergerak menembus gulungan ombak dan tiupan angin yang kencang. Layar kapalpun berkibar dengan kuat. Seakan mengabarkan bahwa para awak kapal sedang berjuang membawa kapal hingga di pulau tujuan. Nahkoda dibantu oleh anak buah kapal, mu'alim, kepala kapal mesin dan kru lainnya mengendalikan laju kapal agar tidak oleng. Rupanya telah terjadi badai besar di lautan tersebut. Yang ada dalam pikiran mereka hanyalah mencari cara agar kapal dan para penumpang bisa selamat. Nahkoda memerintahkan awak kapal agar berkonsentrasi penuh dengan tugasnya masing-masing. Tak perlu risau, badai pasti berlalu. Begitu kalimat yang ia lontarkan untuk menyemangati para awak. Allah sedang menguji kita. Jika kita berhasil melalui ujian ini dengan kesabaran, maka kapal yang lebih besar akan kita dapatkan. Lengkap dengan proses ujiannya.

Nahkoda menunjukan ketenangan dan kesigapan dalam mengemudi kapal. Walupun seluruh kru diliputi rasa khawatir, nahkoda tetap tegar. Ia pun membawa kapal mengikuti arus, bukan melawan arus. Ia menjaga keseimbangan kapal hingga badaipun pergi  Sampailah mereka di daratan yang sangat indah. Letih galau telah hilang. Kini tersisa rasa syukur dan bahagia.


#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunSayIIP
#GrabYourImagination